Yuk Cek Kebutuhan Internet sesuai Aktivitas Digitalmu

Pemerintah Indonesia, pada tahun 2022, memproyeksikan kebutuhan kapasitas pita lebar (bandwidth) internet pada 2025 mencapai 55 terabyte perdetik (tbps) untuk mendukung transformasi digital yang semakin masif. Namun, kebutuhan individu dapat sangat berbeda tergantung pada aktivitas masing-masing.

Apakah Bandwidth?

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang bisa dilakukan dalam proses pertukaran data dalam satu waktu tertentu. Biasanya dinyatakan dalam satuan ukuran data per detik (per second) misalnya Kilobyte per second (Kbps), Megabyte pe second (Mbps) dan seterusnya.

Jika dimasukkan ke dalam terminologi website, pengertian bandwidth sedikit berbeda, yaitu adalah kapasitas data atau pengguna yang bisa masuk dan mengakses suatu website.

Bandwidth vs Kecepatan Internet (Speed)

Dari pengertian bandwidth di atas, sebenarnya dapat disimpulkan bahwa bandwidth adalah kapasitas atau kuota maksimum yang bersifat tetap dari kecepatan. Sedangkan kecepatan internet mengacu pada tingkat kecepatan transfer data itu sendiri

Kebutuhan bandwidth internet di era digital

Kebutuhan bandwidth internet di era digital sangat bervariasi tergantung pada jenis aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa aktivitas umum dan perkiraan kebutuhan bandwidth yang sesuai:

  1. Browsing Web: Aktivitas menjelajah web biasanya membutuhkan bandwidth yang rendah, sekitar 1-5 Mbps, tergantung pada kompleksitas situs web yang diakses.
  2. Streaming Video: Untuk streaming video berkualitas HD, dibutuhkan sekitar 5-10 Mbps. Untuk 4K, 25-50 Mbps atau lebih.
  3. Video Conference: Konferensi video seperti Zoom atau Microsoft Teams memerlukan sekitar 2-10 Mbps tergantung pada kualitas gambar yang diinginkan.
  4. Gaming Online: Bermain game online biasanya memerlukan 5-50 Mbps tergantung pada jenis game dan jumlah pemain.
  5. Unduhan dan Unggahan: Jika sering mengunduh atau mengunggah file besar, maka kebutuhan bandwidth akan lebih tinggi.
  6. IoT dan Smart Devices: Koneksi ke perangkat pintar seperti rumah pintar (smart home) atau Internet of Things (IoT) memerlukan bandwidth yang relatif kecil, tetapi konstan.
  7. Kantor Jarak Jauh: Jika bekerja dari rumah dengan banyak aplikasi bisnis, kebutuhan bandwidth bisa mencapai 50-100 Mbps atau lebih.
  8. Konten 3D dan Virtual Reality (VR): Mengakses konten VR atau 3D streaming memerlukan bandwidth tinggi, seringkali di atas 50 Mbps.

Penting untuk memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar mendapatkan pengalaman online yang optimal.

Seiring kebutuhan internet masa kini yang semakin meningkat tentunya memerlukan dukungan jaringan internet yang terjangkau dan tanpa batas. ICONNET sebagai penyedia layanan internet fixed broadband dari PLN Icon Plus menghadirkan promo upgrade khusus pelanggan ICONNET 5Mbps. Bagi pelanggan ICONNET 5Mbps, dapatkan pengalaman pemakaian ICONNET 10Mbps secara GRATIS mulai tanggal 1 Oktober 2023 dengan hanya membayar ICONNET 5Mbps hingga 31 Desember 2023. Melalui promo ini diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih baik bagi pelanggan ICONNET.

Informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi Contact Center ICONNET atau kunjungi website iconnet.id. Bagi Anda yang berminat mendaftar layanan ICONNET dapat mengunjungi iconnet.id atau mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk informasi promo, produk layanan, cek ketersediaan jaringan, dan pendaftaran lebih lanjut. Selain itu, untuk semakin memudahkan layanan pelanggan, ICONNET juga menghadirkan aplikasi MyICON+. Dengan adanya platform digital ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan yang semakin inovatif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai fitur aplikasi ini akan memenuhi kebutuhan layanan ICONNET dalam satu genggaman, antara lain:

  • Informasi layanan ICONNET mulai dari profil pelanggan, jenis paket, dan status layanan
  • Informasi jatuh tempo masa aktif paket layanan
  • Informasi kanal pembayaran
  • Layanan customer care, termasuk pelaporan dan ticket monitoring
  • Informasi produk dan promo terbaru

Semua ada dalam satu aplikasi, segera unduh aplikasi MyICON+ di Google PlayStore dan AppStore. Harap waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan ICONNET atau PLN Icon Plus.

ICONNET – Semua Makin Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *